Friday, December 27, 2013

Cerita Seragam Panitia

Sebenernya penting ga sih panitia resepsi pernikahan kita dikasih seragam? Apa emang harus? Jawabannya tergantung dari kita sendiri yang istilahnya "punya gawe". Ada beberapa orang yang berpikir bahwa seragam untuk panitia atau saudara itu bukan suatu keharusan. Pertimbangannya juga macem-macem..
Pertimbangan paling utama adalah budget. Kalo panitia & saudaranya cuma sedikit ga masalah. Tapi kalo banyak? Belum lagi ngerasa ga enak..yang ini dikasih seragam yang itu masa ga dikasih..dan blablabla hingga budget membengkak. 
Tapi banyak juga yang pengen ngasih seragam ke panitia atau saudara dengan berbagai alasan pula. Seperti alasan gw.. 
  1. Panitia & saudara akan terlihat lebih rapi kalo pake kain atau kebaya dengan corak atau warna yang sama
  2. Sebagai bentuk 'terimakasih' untuk panitia & saudara karena udah dibantuin ngurus ini itu..ga ada salahnya ngasih 'kenang-kenangan' berupa seragam.
  3. Lebih bagus kalo difoto..ehehhhheheh :p
Alasan itu yang akhirnya membuat gw memutuskan untuk kasih seragam ke panitia atau saudara.
Next question is siapa aja yang dikasih?
Disini kembali ketegasan dan ketegaan harus dijalankan..tsaahhh.. Gw ngasih seragam cuma untuk saudara kandung..bude & tante..sepupu yang bener-bener panitia..sahabat..temen bokap nyokap yang jadi panitia juga. Jadi yang dikasih seragam emang cuma yang "kerja" aja..sadis..ehehheheh.

Penentuan seragam apa yang bakal dikasih juga bikin galau. Gw bosen sama brokat. Dan hampir semua orang rata-rata udah punya brokat. Gw pengen yang ada unsur jawanya.. Lurik waktu itu udah pernah dijadiin seragam waktu nikahan kakak sepupu gw..dan hasilnya sangat keren & njawani :D Pikir-pikir lagi terpikirlah kain jumput. 
Apa itu jumput? Jumput itu teknik ikat celup. Beda sama batik yang menggunakan malam. Kalo jumput dikerjakan dengan cara diikat dengan tali terus dicelupkan ke pewarna kain. Sebenernya teknik ikat celup ini ga cuma ada di jawa..di beberapa daerah kaya sumatra bahkan bali juga ada teknik semacam ini. Yang bikin beda..motifnya..
Ehehhee sedikit menambah pengetahuan yaa :p
Ternyata pesen motif jumput sesuai dengan yang gw mau juga ga gampang. Jumput belum setenar batik yang udah banyak dijual di pasaran. Kalopun ada yang jual jumput motifnya ga sesuai sama yang gw mau..klasik..dan harganya masih mehong..sementara gw kan beli partai besar :(
Untung adek ipar tinggal di semarang..cuss ke solo..ke pasar klewer..dan ketemulah kain jumput yang gw pengenin dan yang jual sanggup nyediain dalam partai besar & yang terpenting harganya  jauh lebih murah dibanding online shop. Di pasar klewer gw dapet harga IDR 55.000 per potong. Sementara di online shop harganya sekitar IDR 90.000 per potong. Per potong itu 2 meter. Lumayan kan bedanya????
Terinspirasi dari Dian Sastro..anggun & njawani banget kan?? :D
Ini dia warna seragam untuk resepsi
Ki-Ka : Jumput untuk para mama- jumput untuk saudara kandung-jumput untuk panitia
Begitulah warna tetap konsisten di hijau dan turunannya.. Untuk model gw bebasin terserah mau model kebaya apa..kutu baru paling oke sih..tapi tetep gw bebasin aja biar pada seneng..ahahaha..
Okeng sekian cerita seragam jumputan untuk panitia.. Sekarang waktunya ngiter buat dibagi-bagi...
Fiiuuhhh..semangaattttt...




Kecup manis untuk bride to be di luar sana :*




.:maya:.


2 comments:

  1. mbk boleh tau itu 55rb udh baju jadi apa kainnya aja?

    ReplyDelete
  2. Halloo..55rb itu kainnya aja..jadi mereka pada jahit sendiri..:D

    ReplyDelete